Connect with us

Kesehatan

4 Cara Mengatasi Perut Kembung

Published

on

4 Cara Mengatasi Perut Kembung

Penyakit pada saluran pencernaan memang sering sekali diderita karena faktornya tergantung pada makanan yang kita makan atau pun karena pola makan yang tidak teratur dan berlebihan.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips tentang Cara Mengatasi Perut Kembung dengan cepat.

Perut kembung memang sangat tidak nyaman sekali, adapun beberapa faktor penyebabnya bisa karena masuk angin, dan salah pola makan.

Yuk langsung saja kita bahas bagaimana Cara Mengatasi Perut Kembung

  • 1. Makan Buah Nanas

Tips pertama yaitu dengan memperbanyak mengkonsumsi buah nanas, selain manis, enak dan sangat menyegarkan, ternyata buah nanas juga mampu mengurangi permasalahan pada perut yang kembung.

Mengapa demikian? Karena nanas ini memiliki kandungan enzim bromelain yang sangat tinggi sehingga dapat membantu memecah protein serta meringankan saluran pencernaan hingga dapat mengurangi rasa kembung nya.

Caranya gampang sekali bisa langsung di makan atau pun dibuat seperti jus.

  • 2. Mengoleskan Minyak Gosok

Cara berikutnya yaitu Anda dapat menggunakan minyak gosok untuk mencegah perut kembung, karena minyak gosok dapat menghangatkan badan sehingga dari suhu dingin.

Selain minyak gosok, Anda juga dapat menggunakan minyak kayu putih ataupun minyak telon sebagai pengahangat.

Oleskan pada bagian perut disekitar area pusar dan setelah itu Anda akan mengeluarkan angin dan akan terasa lebih baik dan normal kembali seperti biasa.

  • 3. Minum Jahe Hangat

Jahe memang sudah menjadi tradisi turun temurun di gunakan sebagai obat penyakit pencernaan karena mampu membuat suasana yang hangat dalam tubuh.

Caranya pun sama seperti buah nanas yaitu bisa dikonsumsi langsung atau dibuat seperti minuman atau juga sering disebut sebagai jamu.

  • 4. Menggunakan Bawang Merah

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan bawang merah. Bumbu rempah yang satu ini ternyata juga dapat mengatasi keadaan perut yang kembung.

Membuat ramuan untuk perut kembung dengan menggunakan bahan dasar Bawang Merah sangat mudah, yaitu:

  • Pertama anda tinggal menyiapkan dua atau tiga siung dan jangan lupa kupas terlebih dahulu , setelah itu langsung saja parut dan campurkan parutan bawang tadi dengan minyak gosok atupun kayu putih.
  • Kemudian tempelkan pada bagian perut, tepatnya pada bagian pusar, tunggu hingga beberapa menit untuk merasakan khasiatnya.

Kesimpuan

Mudah sekali bukan cara untuk mengatasi perut kembung ini, selain gampang bahannya pun juga tersedia di sekita kita.

Demikianlah tips yang bisa kita bagikan kali ini tentang 4 Cara Mengatasi Perut Kembung, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang bahan-bahan yang lebih alami dan tidak selalu tergantung pada yang berbahan kimia. Selamat Mencoba, Terimakasih

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kesehatan

Kenali Manfaat Lemak Bagi Tubuh

Published

on

Kenali Manfaat Lemak Bagi Tubuh

Lemak sering dikait-kaitkan dengan orang yang bertubuh gemuk atau obesitas. Tak ayal, saat ini kebanyakan orang akan langsung merasa risih saat mendengar kata lemak. Berbagai cara pun dilakukan agar lemak segera lenyap dari dalam tubuh. Misalnya dengan melakukan diet, olahraga, dan lainnya. Namun tahukah Anda bahwa lemak sebenarnya juga bermanfaat untuk tubuh manusia? Ya, pada dasarnya setiap orang memerlukan lemak agar fungsi-fungsi organ tubuh dapat berjalan secara normal.

Sebagai salah satu zat dalam makanan atau bagian dari nutrisi, lemak berguna bagi tubuh apabila dikonsumsi secara seimbang. Lemak yang dianggap sebagai zat yang perlu dihindari tidaklah beralasan. Yang perlu digarisbawahi, lemak bisa merugikan hanya jika dikonsumsi secara berlebihan. Jadi, pola makan yang baik dan seimbang dengan mengonsumsi nutrisi seperti lemak juga diperlukan.

Apa saja Manfaat Lemak Bagi Tubuh manusia? Yuk, kita simak berikut ini.

  1. 1. Sumber Energi

Sumber energi utama manusia berasal dari makanan yang mengandung nutrisi seperti karbohidrat, protein, dan tak terkecuali lemak. Ya, lemak adalah bagian nutrisi yang mampu menghemat protein dan menyuplai energi ke seluruh bagian tubuh. Dengan bantuan lemak, protein dapat melakukan fungsi lainnya, yaitu sebagai zat pembangun dan pendorong metabolisme dalam tubuh.

  • 2. Memelihara Suhu Tubuh

Fakta menunjukkan bahwa sekitar 50 persen lemak berada di bawah lapisan kulit sehingga tubuh akan tetap terasa hangat ketika suhu udara dingin. Dengan begitu, lemak dapat membuat suhu tubuh tetap stabil walaupun suhu udara di luar tidak menentu.

  • 3. Membantu Pembentukan Sel

Lemak merupakan bagian dari struktur sel manusia yang berguna untuk menjaga kesehatan rambut, kulit, dan kuku. Selain itu, lemak dapat memperlambat sekresi asam lambung sehingga mampu memberikan efek kenyang dalam perut lebih lama.

  • 4. Sebagai Pelumas

Dalam hal ini, lemak dapat berfungsi sebagai pelumas untuk melancarkan proses proses defekasi atau buang air besar dan mencegah sembelit.

  • 5. Menjaga Organ Tubuh

Fungsi-fungsi tubuh dapat berjalan secara optimal dan dalam kondisi sehat berkat asupan lemak yang cukup. Lemak berguna melindungi organ-organ vital dan menjaga persendian agar tetap bagus. Selain itu, lemak juga dapat memastikan produksi hormon sehingga kesuburan dapat terjaga.

  • 6. Penyerap Vitamin

Lemak merupakan senyawa yang berfungsi menyerap beberapa vitamin yang berguna untuk tubuh, seperti vitamin A, D, E, dan K. Tanpa bantuan lemak, vitamin tersebut tak dapat terserap oleh tubuh sehingga bisa menimbulkan kekurangan vitamin dan gangguan kesehatan. Dengan adanya lemak, vitamin dapat terserap dan dapat diambil manfaatnya.

Demikianlah tadi ulasan kita mengenai Manfaat Lemak Bagi Tubuh. Kadar lemak yang sehat perlu tetap dijaga agar kondisi tubuh dan kesehatan dalam kondisi yang normal. Antara orang yang satu dengan yang lain membutuhkan kadar lemak yang berbeda-beda. Yang pasti, konsumsi lemak jangan sampai berlebihan agar berat badan tetap ideal dan terhindar dari kegemukan yang dapat mengundang penyakit serius.

Continue Reading

Kesehatan

Berbagai Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan – Manfaat Temulawak

Published

on

Berbagai Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan - Manfaat Temulawak

Berbagai Manfaat Temulawak Untuk KesehatanManfaat Temulawak sangat banyak khususnya untuk kesehatan tubuh manusia dari mulai penyakit yang sederhana hingga penyakit yang sudah kronis bahkan temulawak ini dapat mencegah terjadinya penyakit yang sangat berbahaya bagi manusia. Jika anda mencari temulawak, di Indonesia ini cukup mudah karena temulawak ini cukup mudah tumbuh di Tanah Indonesia yang subur dan memang merupakan tanaman asli Indonesia yang menyebar hingga hampir seluruh negara di Asia Tenggara.

Nama latin dari temulawak adalah curcuma xanthorrhiza merupakan obat temu temuan yang biasanya digunakan untuk bahan dasar obat herbal. Selain dimanfaatkan untuk obat herbal, temulawak ini juga dimanfaatkan sebagai bahan dasar minuman obat tapi yang lebih baik lagi langsung anda ambil dari temulawak yang baru anda panen dan masih segar.

Besarnya manfaat yang terdapat pada temulawak untuk kesehatan tubuh manusia tidak terlepas dari kandungan senyawa atau kandungan zat zat yang terkandung di dalam temulawak tersebut seperti yang tertera berikut ini :

  • Pati 48.18% – 59.64%
  • Protein 29.00% – 30.00%
  • Abu 5.26% – 7.07%
  • Serat 2.58% – 4.83% 
  • Kurkumin 1.60% – 2.20%
  • Minyak Atsiri 6.00% – 10.00% 
  • Phelandren 
  • Kamfer 
  • Turmerol 
  • Borneol 
  • Sineal 
  • Xanthorrhizol 

Senyawa senyawa yang terkandung pada temulawak seperti yang tertera di atas memiliki khasiat yang sangat luar biasa khususnya untuk tubuh jika anda rajin melakukannya. Contohnya seperti pati, pati ini memiliki khasiat untuk membantu melancarkan proses metabolisme. Kandungan serat seperti yang kita tahu sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk kebugaran. Kurkum, mampu melancarkan proses pencernaan dan minyak asiri yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi pada ginjal. Untuk bahan bahan lainnya seperti Phelandren, Kamfer, Turmerol, Borneol, Sineal dan Xanthorrhizol jumlah kandungannya disesuaikan dengan kondisi temulawak itu sendiri.

Manfaat Temulawak khususnya untuk kesehatan tubuh manusia secara garis besar dan yang sangat terasa terutama untuk mengobati penyakit berikut ini :

Atasi Sakit Maag

Temulawak ini sangat bermanfaat untuk menyembuhkan sakit maag dengan segera, caranya sangat mudah hanya dengan menyiapkan satu rimpang temulawak kemudian anda bersihkan dan iris tipis kemudian masukan ke dalam air sebanyak 5 gelas, rebus. Jika rebusan telah mendidih, angkat dan minum satu gelas setiap harinya. Anda dapat menambahkan madu untuk penambah rasa manis dari rebusan temulawak ini.

Hilangkan Jerawat

Jerawat akan mudah dan akan segera dihilangkan dengan temulawak ini hanya membutuhkan satu jari temulawak kemudian anda cuci dan kupas. Setelah dikupas, anda memarkan dengan cara digeprek atau dipukul pukul menggunakan pemukul kayu, rebus dengan menggunakan 4 gelas air dan tunggu hingga sisanya setengah atau 2 gelas untuk dikonsumsi siang hari 1 gelas dan sore hari 1 gelas di hari yang sama.

Atasi Gangguan Ginjal

Jika anda mengalami gangguan ginjal, anda dapat memanfaatkan temulawak ini untuk segera menyembuhkannya atau pendamping obat dokter yang sedang anda konsumsi. Pilih 2 rimpang temulawak yang masih segar, campurkan kumis kucing satu genggam saja, tambahkan daun mineran satu genggam juga dan gula batu secukupnya. Setelah bahan bahan bersih, temulawak dirajang hingga tipis dan masukan semua bahan ke dalam panci telah terisi air sebanyak 1000 ml rebus hingga mencapai jumlah air setengahnya. Angkat, saring dan konsumsi satu gelas setiap sekali minum.

Tentunya masih banyak lagi Manfaat Temulawak untuk kesehatan ini dan anda pantas untuk mencobanya sekedar pemulih kesehatan atau bahkan pembantu penyembuhan penyakit yang anda derita.

Continue Reading

Kesehatan

Aneka Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan

Published

on

Aneka Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan

Aneka Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan – Buah semangka banyak peminatnya, selain rasanya yang manis, ternyata buah ini memiliki beragam manfaat di baliknya, terutama untuk kesehatan. Dari biji hingga kulit semangka, masing-masing memiliki manfaat tersendiri, mungkin Anda banyak yang masih belum tahu. Kandungan zat pada buah berwarna hijau ini juga sangat banyak, contohnya kalium, lisin, protein, silvit, dekstrosa, fruktosa, air, suksora, serat, karbohidrat, lemak, asam amino, vitamin asam malat, sirulin, arginin, asam fosfat, likopen, betain, bromine, natrium, fruktosa, sukrosa dan fruktosa.

Buah semangka juga bisa dimakan oleh lebih dari 1 orang, karena memang ukuran dari buah ini cukup besar, dan daging buahnya juga cukup dimakan oleh lebih dari satu orang, jika satu orang saja yang memakannya sepertinya akan terlalu berlebihan. Anda dapat memperoleh buah semangka dengan cukup mudah, karena memang buah ini bukanlah buah import, walaupun ada juga yang impor, namun daerah dataran tinggi Indonesia juga bisa menanam buah ini. Ya, buah semangka memang dapat tumbuh pada cuaca yang dingin, dan dataran tinggi (pegunungan) merupakan daerah yang cocok untuk menanam jenis buah ini. Selain itu, untuk mendapatkan Manfaat Buah Semangka, Anda juga tak harus merogoh kocek terlalu banyak, karena harga buah semangka cukup terjangkau.

Manfaat Buah Semangka Kuning

Jika daging buah semangka biasanya berwarna merah, ternyata tidak semua, terdapat beberapa jenis semangka yang memiliki warna daging bukan merah melainkan kuning. Lalu, apa perbedaan manfaat dari buah semangka dengan daging berwarna kuning ini?

Buah semangka ini memiliki warna daging buah yang lain karena memang lain varietas, walaupun masih termasuk dalam buah semangka. Pada buah semangka kuning, terdapat senyawa Citrulline, di mana senyawa ini bisa membantu proses senyawa kimia di tubuh untuk menolong pembuluh darah supaya lebih rileks dan fleksibel. Manfaat kedua dari buah semangka kuning yaitu dapat membantu membuat jantung menjadi lebih sehat, dan sirkulasi darah menjadi lancar, karena kandungan senyawa asam amino dari semangka jenis ini.

Kegunaan Buah Semangka Untuk Anak

Anak-anak suka konsumsi makanan dan minuman yang manis, dan dibandingkan Anda memberikan permen atau makanan sejenis buatan pabrik lainnya kepada sang anak, lebih baik Anda memberikan buah semangka, selain natural juga menyehatkan dan memiliki manfaat tertentu untuk kesehatan anak Anda. Apalagi bayi, bayi masih banyak yang belum tumbuh gigi, dan daging buah semangka yang empuk sangat direkomendasikan untuk diberikan pada bayi. Namun, pastikan biji semangkanya sudah dibuang, karena dapat berbahaya apabila tertelan bayi. Dan tentunya, semangka ini tidak dapat diberikan kepada bayi yang masih terlalu kecil umurnya (umur beberapa hari).

Buah semangka memiliki kandungan pigmen flavonoid yang bisa membantu meningkatkan antioksidan dan anti alergi juga pada tubuh anak Anda, sehingga anak Anda menjadi lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, semangka pun bisa memberikan proteksi pada bahaya radikal bebas, di mana radikal bebas ini bisa merusak sel tubuh anak Anda. Apalagi, tubuh mereka masih kecil sehingga lebih rentan. Semangka juga dapat membantu mencegah anak-anak terserang sariawan, Anda tentu tahu jika anak sudah terserang sariawan, mereka akan sering menangis bahkan sulit makan, karena rasa perih yang diderita. 

Demikianlah tadi beberapa info tentang Manfaat Buah Semangka bagi orang dewasa dan anak, Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita. Salam sehat selalu!

Continue Reading

Trending

Copyright © 2024 RumahBerita.net