Connect with us

Tips & Trik

7 Tips Mudik Lebaran Lebih Nyaman dan Aman yang Wajib Dilakukan

Published

on

7 Tips Mudik Lebaran Lebih Nyaman dan Aman

Momen yang paling dinanti-nantikan oleh banyak masyarakat Indonesia akan segera tiba, oleh karena itu penting untuk mengetahui mengenai tips mudik lebaran lebih nyaman dan aman. Tidak perlu merasa khawatir lagi, mari perhatikan tips singkat dan ampuh pada uraian berikut!

Tips Mudik Lebaran Lebih Nyaman dan Aman

Jangan Lupa Istirahat

Ketika ingin melakukan mudik, tentunya perjalanan yang harus ditempuh cukup panjang dan bahkan ada yang memakan waktu berhari-hari lamanya.

Agar Anda tidak kelelahan ketika dalam perjalanan, maka usahakan untuk senantiasa menyempatkan diri agar bisa beristirahat baik itu di rest area ataupun ketika singgah di tempat makan.

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh pemudik yaitu mereka memaksakan diri untuk berkendara tanpa beristirahat karena ingin segera tiba.

Padahal, apabila Anda memaksakan diri hal tersebut justru bisa membuat Anda merasa kelelahan dan menjadi pemicu terjadinya kecelakaan atau masalah pada kesehatan yang tidak diinginkan.

Patuhi Peraturan Lalu Lintas

Ketika Anda pulang beberapa hari sebelum hari Idul Fitri, maka tentunya jalanan akan begitu ramai dan macet karena banyak pemudik yang datang dari berbagai arah.

Usahakan untuk senantiasa mematuhi peraturan yang berlaku di jalan raya dan hindari berkendara dengan terlalu cepat sehingga Anda akan senantiasa selamat hingga tempat tujuan.

Siapkan Bekal yang Cukup

Apabila Anda ingin hemat saat mudik dan tidak mengeluarkan uang terlalu banyak untuk membeli makanan di tempat makan, maka ada baiknya jika Anda menyiapkan bekal dari rumah.

Anda dapat mengonsumsi bekal tersebut bersama dengan keluarga ketika singgah di rest area ataupun berhenti di POM bensin.

Manfaatkan Aplikasi Navigasi

Jika sebelumnya Anda masih belum menghafalkan ataupun menguasai rute perjalanan menuju ke kampung halaman, Anda tidak perlu merasa khawatir.

Karena, sekarang ada begitu banyak aplikasi navigasi yang bisa dimanfaatkan sebagai petunjuk yang akurat selama dalam perjalanan.

Tidak hanya menjadi petunjuk tentang rute saja, saat ini aplikasi-aplikasi navigasi juga telah menyediakan informasi yang begitu bermanfaat seperti kondisi lalu lintas yang ingin Anda tempuh.

Dengan begitu, maka Anda bisa mengetahui rute mana yang harus dihindari sehingga tidak terjebak macet selama berjam-jam.

Pastikan Rumah Aman

Tips paling mendasar yang harus selalu diingat sebelum pergi mudik yaitu Anda harus memastikan bahwa rumah berada dalam kondisi aman.

Usahakan untuk mencabut seluruh perangkat elektronik hingga mematikan listrik dan gas sehingga tidak ada masalah yang terjadi ketika rumah ditinggalkan dalam waktu yang cukup lama. 

Jaga Kesehatan Tubuh

Tubuh yang sehat akan membantu Anda agar melakukan mudik dengan lebih nyaman, oleh karena itu jauh-jauh hari sebelumnya usahakan untuk berolahraga dan menjaga kesehatan dengan baik agar tubuh senantiasa fit.

Selain itu, Anda juga dapat membawa obat medis selama dalam perjalanan sehingga tidak ada masalah kesehatan yang terjadi.

Periksa Kondisi Kendaraan

Apabila Anda mudik dengan kendaraan pribadi dan bukan transportasi umum, maka lebih baik Anda harus memastikan bahwa kondisi kendaraan tersebut memang berada dalam kondisi yang sempurna dan kuat untuk dibawa dalam perjalanan jauh.

Usahakan agar tidak ada masalah apa pun dalam kendaraan mulai dari mesin, ban, dan komponen mobil lainnya dengan membawanya ke bengkel atau memeriksanya sendiri secara mandiri.

Kesimpulan

Itulah tips mudik lebaran lebih nyaman dan aman untuk diterapkan sendiri nantinya. Dengan melakukan seluruh tips tersebut, maka perjalanan akan semakin lancar dan terhindar dari risiko kecelakaan yang berbahaya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips & Trik

Inilah 5 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran yang Wajib Diperhatikan

Published

on

Inilah 5 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran yang Wajib Diperhatikan

Mengingat waktu untuk libur lebaran semakin dekat, maka penting untuk memahami mengenai tips aman meninggalkan rumah saat mudik lebaran. Agar rumah senantiasa berada dalam kondisi aman dari mara bahaya, perhatikan tips krusial seperti pada penjelasan ini!

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

1.      Matikan Seluruh Perangkat Elektronik

Hal paling penting sebelum memutuskan untuk pergi mudik yaitu dengan mematikan seluruh perangkat elektronik atau benda-benda yang tersambung dengan listrik. Karena apabila perangkat elektronik tersebut tidak dimatikan, akan ada kemungkinan masalah yang muncul seperti korsleting yang dapat membahayakan rumah.

Untuk menghindari masalah tersebut, maka lebih baik Anda mencabut seluruh peralatan elektronik tersambung dengan stop kontak. Berbagai perangkat seperti televisi, mesin cuci, hingga dispenser harus benar-benar dimatikan sebelum Anda meninggalkan rumah.

2.      Pasang Kamera CCTV

Tips selanjutnya yang tidak kalah penting untuk diterapkan adalah Anda dapat mencoba untuk memasang kamera CCTV di depan rumah atau di dalamnya. Kamera CCTV merupakan perangkat yang mampu membantu tingkat keamanan rumah agar ketika ada orang yang mencoba memasuki rumah, maka mereka dapat terekam dengan jelas di kamera.

Tidak hanya kamera CCTV saja, Anda juga bisa turut serta memasang sistem alarm yang mendeteksi secara otomatis ketika ada orang asing yang masuk ke rumah. Dengan memasang kedua perangkat ini, risiko kejahatan yang kemungkinan terjadi di rumah dapat diminimalisir dengan lebih ketat.

3.      Hindari Meninggalkan Barang Berharga

Salah satu kesalahan saat mudik yang dianggap remeh dan paling sering dilakukan oleh banyak masyarakat yaitu mereka meninggalkan barang berharga secara sembarangan di rumah. Padahal, hal itu akan memicu tindak kejahatan dan membuat barang yang memiliki nilai tinggi tersebut hilang diambil orang. 

Untuk sebab itu, usahakan agar tetap menaruh barang tersebut pada lokasi rahasia dan aman ketika hendak mudik. Anda bisa mencoba meninggalkan sertifikat atau benda berharga lainnya dengan menitipkannya kepada pihak bank atau membeli brankas elektronik yang tidak bisa dibuka tanpa kata sandi yang tepat.

4.      Gunakan Lampu Otomatis

Hindari menyalakan lampu sepanjang hari ketika melakukan mudik, sebab lampu yang selalu menyala menandakan bahwa rumah tersebut ditinggalkan oleh penghuninya. Jika ada orang dengan niat jahat melihat rumah Anda, maka hal tersebut bisa menjadi pemicu bagi mereka untuk membobol rumah. 

Agar tidak menjadi korban pencurian, maka Anda bisa mencoba memasang lampu otomatis di teras. Ketika memakai lampu otomatis, maka lampu tersebut akan menyala pada malam hari dengan sendirinya tanpa harus meminta bantuan orang lain untuk menyalakan lampu teras rumah.

5.      Hindari Menitipkan Rumah Kepada Tetangga

Banyak masyarakat di Indonesia yang memiliki kebiasaan menitipkan rumah mereka kepada tetangga terdekat ketika Anda melakukan mudik. Padahal, kebiasaan ini justru kemungkinan besar dapat menyebabkan masalah baru terlebih ketika tetangga yang dititipi ternyata memiliki niat buruk dengan mengambil beberapa barang yang ada di rumah Anda meskipun tetangga tersebut sudah dipercaya selama bertahun-tahun.

Tidak hanya itu, apabila terjadi hal tertentu yang tidak diinginkan, tentunya bisa memperburuk hubungan dengan tetangga. Oleh sebab itu, alangkah lebih baik jika tidak menitipkan kunci rumah kepada tetangga Anda.

Kesimpulan

Tips aman meninggalkan rumah saat mudik lebaran di atas dapat Anda terapkan secara mandiri sehingga rumah senantiasa terjaga. Senantiasa mengamankan rumah dengan berhati-hati  merupakan hal penting, sehingga Anda bisa libur lebaran tanpa harus merasa waswas akan kondisi rumah.

Continue Reading

Trending

Copyright © 2024 RumahBerita.net