Kesehatan

7 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami dan Mudah

Published

on

Gusi adalah tempat dimana gigi itu tumbuh dan juga gusi adalah bagian mulut yang sangat sensitif. Umumnya orang yang menderita sakit gigi pada awalnya pasti gusinya bengkak dan mengeluarkan darah. Selain sakit gigi bengkak pada bagian gusi juga dapat dikatakan pada seseorang akan mengalami penyakit yang lebih serius.

Pada saat dalam keadaan seperti itu yang pasti aktivitas akan terganggu setiap harinya. Kalau ingin sembuh biasanya kita harus pergi ke dokter. Akan tetapi bila keadaan seperti ini berlangsung secara terus-terusan maka biaya yang dikeluarkannya pun juga akan banyak.

Maka dari itu untuk yang mengalami gusi bengkak dapat mencoba tips dari kami secara alami.

Mari silahkan simak ulasan Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami berikut ini.

  • 1. Minyak Cengkeh Dan Lada Hitam

Minyak cengkeh biasanya dibuat untuk menghangatkan tubuh, selain itu minyak cengkeh juga dipercaya mampu mengobati gusi bengkak dari dulu. Mengobati gusi bengkak dengan minyak cengkeh caranya sangat mudah. Yaitu caranya minyak cengkeh yang sudah dicampuri lada hitam diusapkan pada bagian yang sakit. Lakukan hal tersebut sehari 2 kali supaya lebih efektif.

  • 2. Kunyit Serta Gambir

Cara mengobati gusi bengkak dengan menggunakan kunyit dan gambir yaitu siapkan tiga potong yang sudah dipotong kecil-kecil. Lalu siapkan air bersih dan kunyit, setelah kunyit dan gambir dibersihkan rebus sampai mendidih sampai air rebusan tinggal 1 gelas. Setelah itu saring dan dinginkan, lalu gunakan air rebusan tadi untuk kumur tiga kali sehari supaya hasilnya maksimal.

  • 3. Kulit Andong

Ternyata kulit andong juga dapat menyembuhkan gusi bengkak. caranya cuci kulit andong menggunakan air yang bersih. Lalu tumbuk dengan ditambah sedikit garam sampai lembut. Kalau tumbukan tersebut sudah lembut masukkan pada bagian yang bengkak atau yang terasa sakit.

  • 4. Air garam hangat

Air garam hangat juga bisa mengobati berbagai macam masalah pada bagian gigi seperti gusi bengkak serta sakit gigi. Dengan cara mencampurkan satu sendok garam dengan air hangat sampai larut. Lalu air hangat yang dicampur garam tadi bisa Anda gunakan untuk kumur-kumur.

  • 5. Mengonsumsi Buah Dan Makanan Berserat

Salah satu yang dapat menyebabkan gusi bengkak ialah tubuh kekurangan vitamin C dan juga jarang sekali makan makanan yang berserat. Supaya hal itu dapat dihindari makanlah buah yang kaya akan vitamin seperti jeruk dan juga sayuran dalam menu makan Anda.

  • 6. Modifikasi Diet

Supaya gigi serta gusi agar tetap terjaga dengan baik dan tidak sakit untuk itu hindari makanan yang menempel pada gusi. Sebab hal itu yang dapat menimbulkan plak pada gigi, makanan tersebut adalah roti. Pilih makanan yang kaya akan serat dan juga banyak mengandung vitamin C. Dengan melakukan diet yang seperti ini bisa membuat kondisi gusi menjadi lebih baik dan juga dapat terhindar dari gusi bengkak.

  • 7. Baking soda  atau Hidrogen peroksida

Selain dengan melakukan dengan cara-cara di atas Anda juga bisa menggunakan baking soda atau hidrogen peroksida. Caranya sangat mudah yakni air yang dicampurkan dengan baking soda lalu kumur-kumurlah dengan campuran air dan baking soda tadi. Baking soda berfungsi bisa mengurangi rasa sakit pada gusi dan juga bisa mencegah penyebaran bakteri dalam mulut.

Demikian ulasan kami tentang Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami, semoga bisa menambah wawasan dan juga bermanfaat bagi kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

Exit mobile version